Kursus Teologi Bersertifikat

Viveka adalah sebuah program “Program Bina Warga Jemaat dan Aktivis Bersertifikat” yang dirancang oleh STFT Jakarta untuk mempopularkan studi teologi bagi warga gereja. Program ini mendorong peserta yang berasal dari gereja untuk memasuki pergumulan teologi dalam situasi kehidupan yang majemuk sekaligus mendorong STFT Jakarta untuk menghadirkan studi teologi bagi pergumulan umat. Dengan kata lain, Viveka diharapkan menjadi “ruang ketiga” (third space) yang mempertemukan academia dan ecclesia.

Kata Viveka berasal dari bahasa Sansekerta, searti dengan kata Jawa Wiweka, yang berarti “daya membedakan,” “pengujian,” atau “pertimbangan.” Kata ini memiliki makna yang sangat dekat dengan tradisi Kristen “menguji Roh” (discretio spirituum). Dengan demikian, tujuan utama Viveka adalah menyediakan ruang belajar bagi warga gereja untuk memiliki keterampilan teologi dasar untuk memahami secara kritis sekaligus terbuka tema-tema.

Program ini dilaksanakan dalam 10 kali pertemuan (1 x setiap minggu), yakni setiap Hari Rabu. Hari ini dipilih karena merupakan hari di tengah Minggu dan relatif lebih kosong bagi sebagian besar orang. Penggunaan waktu tiap pertemuan dibagi sebagai berikut: Paparan materi selama 1 jam (18.00 – 19.00 WIB), Istirahat selama 10 menit (19.00 – 19.10 WIB) Sesi interaktif selama 50 menit (19.10 – 20.00 WIB). Setiap pembicara akan menyiapkan makalah/paper dan presentasi dalam bentuk powerpoint.